Tetap Sadarkah Kita…???

Jika manusia sedang tidur, sudah jelas bahwa dia dalam kondisi tidak sadar. Maka hukum tidak dapat diterapkan kepada orang yang sedang tidur. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: ‘Hukum tidak dapat diterapkan pada tiga macam orang: orang tidur sampai ia bangun, anak kecil hingga ia baligh dan orang gila hingga ia sembuh.’(HR Nasa’i).

Namun seringkali manusia berada dalam kondisi sadar tapi pada kenyataannya dia tidak sadar. Benarkah begitu…?. Kesadaran apakah yang dimaksud disini…?. Bukankah seringkali manusia melakukan suatu perbuatan dan dia baru tersadar setelah semuanya telah berakhir, setelah dia menerima segala akibat dari perbuatannya. Sebagai contoh yang  sederhana saja, misalnya seseorang yang bercanda dengan teman tanpa ia sadari ia mengucapkan kata-kata yang menyakiti perasaan teman kita. Kita baru menyadari setelah semuanya terlanjur terlontar dan ternyata teman kita sakit hati. Contoh yang lain, seseorang yang sedang marah biasanya segala macam kata keluar dari mulutnya bahkan segala benda yang ada didekatnya melayang entah kemana. Setelah segalanya reda dan semuanya berantakan barulah ia sadar atas apa yang telah terjadi. Begitulah, seringkali kita menyadari apa yang kita perbuat setelah semuanya terjadi.

Jika sejak awal kita benar-benar menyadari akan kondisi emosional kita, maka  kita segera mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada kita, apakah kita sedang marah, apakah kita sedang down karena suatu masalah atau mungkin malah dalam kondisi mendapat kesenangan. Dengan demikian kita akan segera mengambil langkah yang tepat untuk menyikap setiap kondisi yang ada. Kondisi emosional kita selalu berubah-ubah, bahkan terkadang tanpa terduka sebelumnya maka yang terpenting adalah bagaimana seharusnya kita menyikapi setiap kondisi yang ada pada kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: