Punyai Tujuan Pasti

Dengan tujuan yang pasti membuat hidup kita lebih hidup. Lebih berasa. Lebih punya taste. Bagaimana dengan anda saat ini? Apakah anda sudah menetapkan(mempunyai) tujuan yang jelas. Ataukah masih dalam masa pencarian untuk menentukan tujuan? Ataukah masih bingung(bimbang) dengan tujuan yang sedang kamu canangkan. Orang bijak berkata : “Yang terpenting dalam hidup ini bukan dimana kita berada tapi kemana arah tujuan kita.” Jika kita mempunyai arah yang pasti, maka kita akan lebih efektif untuk menentukan tindakan(rencana) untuk menuju ke arah itu. Jika kita mempunyai tujuan yang jelas, itu akan lebih memusatkan setiap langkah dan tidakan kita untuk hal-hal yang penting. Kita lebih efektif dalam setiap tindakan karena lebih selektif dalam menentukan langkah. Kita akan memprioritaskan tindakan-tindakan yang paling penting dari hal-hal yang penting. Kita akan memprioritaskan hal-hal yang bermanfaaat dibanding sibuk dengan hal-hal yang tidak bemanfaat.

Kita akan berusaha untuk mengalihkan perhatian dari hal-hal yang merugikan. Alihkan perhatianmu. Karena setiap saat setan dan nafsu mencuri perhatian kita untuk melakukan aktivitas yang tampaknya menyenangkan, kesenangan sesaat, namun membawa penyesalan.

Dengan tujuan yang jelas, kita akan lebih fokus pada hal-hal yang akan mengarahkan pada tujuan kita. Kekuatan fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan ibarat cahaya. Cahaya yang menyebar memiliki sedikit pengaruh. Tetapi kita bisa memusatkan energinya dan memfokuskannya. Dengan kaca pembesar, sinar matahari bisa kita fokuskan untuk mambakar rumput atau kertas. Ketika cahaya lebih kita fokuskan lagi seperti sinar laser, maka ia bisa memotong baja.

Dengan tujuan yang jelas kita akan lebih sungguh-sungguh dalam melakukan setiap pekerjaan. Dengan kesungguhan itu kita bisa lebih tuntas dalam melakukan pekerjaan atau tidak setengah-setengah. Kitapun tidak beralih dari satu aktivitas ke aktivitas lain lantaran bingung(bimbang) mana yang harus didahulukan. Akan tetapi kita berusaha untuk menuntaskan apa yang memang harus dikerjakan. Dengan ketuntasan dalam melakukan pekerjaan, maka kita akan memperolah hasil yang lebih sempurna. “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.”(QS 94:7)

Dengan tujuan yang jelas, akan menumbuhkan kemauan yang kuat. Sebaliknya kemauan yang kuat akan memudar jika kita tidak mempunyai tujuan.Jadikan tujuan sebagai energi untuk tetap bekerja, bekerja dan bekerja. Untuk berbuat, berbuat dan berbuat. Jangan pernah berhenti untuk bekerja. Jangan bersedih bila pekerjaan belum selesai. Bukankah memang suatu pekerjaan besar tidak ada habisnya dan akan selalu menyapa kita. Di dunia inilah fase dimana kita harus bekerja, berjuang untuk meraih tujuan. Belum saatnya kita istirahat. Cukuplah istirahat itu, jika badan sudah terpenuhi akan haknya. Jadikan rasa bahagia, ketenangan dan ketentraman dalam menjalani hidup sebagai istirahat bagimu. Selebihnya kita harus tetap berjuang. Berjuang untuk menggapai tujuan. Semoga Allah menghantarkan kita untuk sampai pada tujuan kita diciptakan di muka bumi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: