Membuat Link dalam Satu Halaman

Belajar HTML sebelumnya>>>Link HTML

kursus-online.com
Pada pembahasan sebelumnya yaitu mengenai Link HTML kita telah membuat link yang merujuk pada alamat yang berada diluar halaman (Hyperlink). Saat ini kita akan bahas cara membuat link untuk alamat yang dituju masih dalam satu halaman yang sama. Biasa di sebut link anchor. Ini cocok digunakan untuk teman-teman yang membuat satu halaman yang panjang atau tulisan dalam satu halaman yang terdiri dari bab-bab.

Tag html yang digunakan tetap sama yaitu <a>. Sedangkan atribut yang kita gunakan adalah name dan href.

Sebagai contoh yang mungkin sering teman teman temui adalah disaat kita membaca suatu halaman sampai habis(sampai bawah), terkadang kita menemui tulisan “Kembali ke atas” atau Top di sertai tanda panah ke atas, setelah di klik maka kita akan kembali ke bagian atas halaman yang kita baca. Itulah yang kita bahas kali ini.

Langkah pertama kita membuat anchor name, contoh kodenya adalah sebagai berikut :
<a name="atas">ini awal halaman</a>

Letakkan kode anchor name itu pada bagian yang akan kita tuju, jika nantinya link di klik. Pada contoh tersebut kita akan letakkan kodenya di awal halaman. Untuk atribut name kita bebas mau memberikan nama apa aja, yang penting disesuaikan dengan bagian yang akan kita tuju. Dan untuk teks “ini awal halaman” boleh dihilangkan sehingga kode di atas bisa kita tulis <a name=”atas”></a>

Langkah selanjutnya kita membuat link nya. Seperti membuat link sebelumnya kita memakai atribut href, sehingga kodenya jadi seperti ini :

<a href="#atas">Kembali keatas</a>

Dari kode diatas pada atribut href harus sama dengan yang kita tulis pada atribut name, tapi pada href diawali dengan tanda #. Selanjutnya teks Kembali keatas itu yang akan ditampilkan dan nantinya jika kita klik maka kita kan dibawa kebagian atas halaman yang kita baca. Letakkan kode linknya di mana kamu suka, sesuai kebutuhan. Asal jangan deket ama anchor name aja😉. Kan ngga lucu masa’ yg di tuju bagian atas terus link nya juga di taruh di atas he he he.

Bagi teman-teman yang biasa menulis tulisan yang terdiri dari banyak bab dengan pembahasan yang panjang dan di tulis dalam satu halaman web saja, ini juga bisa kita manfaatkan. Kita tulis judul babnya terlebih dahulu. Judul-judul bab itu yang nanti kita jadikan sebagai link. Dan nanti pada setiap awal kita membahas suatu bab kita letakkan disitu anchor namenya. Dengan demikian akan memudahkan bagi pembaca dalam pencarian suatu bab jika pembaca itu hanya ingin membaca bab tertentu saja. Sebagai contoh, coba lihat halaman berikut ini Struktur Dasar Akuntansi

Demikian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat 🙂


Ingin belajar HTML, PHP dan MySQL sambil praktek sekaligus berpeluang menambah penghasilan,klik saja DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: