Drop Down List pada Microsoft Excel 2007

Peluang Bisnis Online
Untuk memudahkan memasukkan data berupa beberapa pilihan yang sudah pasti, kita bisa menggunakan fasilitas drop down list pada Microsoft Excel. Misalnya untuk menginput nama departemen pada suatu perusahaan atau menginput hari-hari dalam satu minggu. Jika kita sudah membuat drop down list pada suatu cell, maka pada saat nantinya kita memilih cell itu, maka akan tampil tanda anak panah ke bawah(tanda dropdown), untuk memasukkan datanya klik tanda panah itu trus pilih data yang ingin dimasukkan.
drop-down-list
Dari contoh di atas kita akan membuat dropdown list pada cell D2 yaitu pada kolom hari.

  • Pertama-tama kita buat daftar nama hari dahulu. Untuk memudahkan memahami, data source(daftar harinya) kita letakkan di dekatnya dan di worksheet yang sama. Namun pada prakteknya sebaiknya data source diatur sedemikian rupa agar tidak terlihat. Atau di letakkan pada worksheet yang berbeda.
  • Kita mulai dengan memilih cell D2, trus pada Ribbon Data klik Data Validation, akan tampil jendela seperti gambar di bawah ini, trus dari tab Setting, pada Allow kita pilih List.
  • drop-down-list

  • Berlanjut memasukkan data pada bagian Source,caranya pilih Source,lalu sorot(blok) data hari yang telah kita buat.Terlihat pada gambar di bawah ini.
  • drop-down-list

  • Selanjutnya,sebagai pengaturan tambahan, pada Tab Error Alert, yaitu untuk menampilkan peringatan jika kita memasukkan data yang salah(tidak valid). Kalaupun Anda tidak mengedit pada bagian Error Alert dan langsung klik OK setelah mengisi source nya,dropdownlistnya juga sudah jadi dan bisa kita jalankan. Di bagian ini kita bisa mengedit pesan yang nantinya akan tampil jika kita memasukkan data yang tidak valid. Atau kita juga bisa memilih untuk tidak menampilkan Error Alert, atau juga bisa memilih yang akan tampil Error Alert default dari Microsoft Excel.
  • drop-down-list

  • Sekarang kita lihat hasilnya, pada saat kita memilih cell D2, akan muncul tanda panah kebawah(tanda dropdown) kemudian jika kita klik tanda itu akan muncul data yang telah kita masukkan dan kita tinggal memilihnya.
  • dropdown-list
    Catatan : Alternatif lain untuk pengisian data pada Source, kita bisa mengetikkan langsung pada kolom Source, tanpa harus membuat tabel datanya terlebih dahulu. Hal ini bisa kita manfaatkan jika list data yang akan kita masukkan tidak terlalu banyak, karena dengan menggunakan cara ini data yang bisa kita masukkan terbatas. Pada gambar di bawah ini, kita menggunakan cara ini untuk memasukkan nama-nama hari. Disini kita menggunakan tanda titik koma “;” untuk memisahkan data yang satu dengan yang lain. (Sebagai catatan, jika pengaturan regional pada windows Anda adalah English(US) maka tanda pemisahnya adalah koma.Saya menggunakan pemisah titik koma karena pengaturan regional windows saya adalah Indonesia). Kemudian setelah mengisikan datanya klik OK.
    drop-down-list
    Alternatif cara yang lain, data sourcenya kita letakkan pada worksheet yang berbeda. Misalnya kita buat data harinya di sheet 2, dari data itu kita gunakan untuk membuat drop down listnya di sheet 1.
    Pertama kita buat daftar harinya di sheet 2, kemudian daftar hari itu kita beri nama(Define Name). Caranya :blok daftar harinya, kemudian klik Name Box(dibagian paling kiri dari formula bar) lalu ketikkan nama yang kita inginkan. Pada gambar dibawah ini terlihat pada Name Box tertulis A1, nah itu kita ganti, misalnya DaftarHari trus tekan enter. Nah, nama inilah yang nanti kita masukkan ke kolom Source. Lihat pada gambar paling bawah, nama yang telah kita buat kita masukkan dalam kolom Source dengan diawali tanda sama dengan (=). Lalu klik OK.
    drop-down-list
    drop-down-list
    Demikian beberapa cara untuk membuat drop down list pada Microsoft Excel, sahabat bisa memilih cara yang mana saja yang menurut sahabat paling nyaman untuk di gunakan.

    Baca juga artikel-artikel lain tentang Microsof Excel 2007 DI SINI

One thought on “Drop Down List pada Microsoft Excel 2007

  1. Website Gratis 20 Mei 2015 pukul 4:09 PM Reply

    apakah perlu memasukkan simbol $ pada sourcenya ya min?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: